Tips Mengajar Ilmu Eksakta Dengan Cara Yang Menyenangkan

Ilmu eksakta seperti matematika, fisika, kimia dan lain-lain merupakan momok bagi banyak siswa. Tidak sedikit dari mereka yang kesulitan mempelajari mata pelajaran tersebut. Apalagi metode pembelajaran yang digunakan guru pengajar masih konvensional. Hal tersebut akan membuat siswa semakin tidak menyukai mata pelajaran eksakta. Oleh karena itu pengajar disarankan mengajar menggunakan metode yang menyenangkan. Tentunya untuk para generasi millenial yang cenderung menyukai kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Nah, berikut adalah tips mengajar ilmu eksakta dengan cara yang menyenangkan.

  1. Mengajar Menggunakan Metode Kartu Domino

Tips yang pertama adalah permainan kartu domino. Permainan ini sangat mudah diterapkan untuk mengajar materi matematika. Misalnya untuk bab pecahan, akar kuadrat, perhitungan desimal dan lain-lain. Alat dan bahannya juga mudah diperoleh dan sangat mudah diterapkan untuk mengajar di tempat-tempat terpencil. Alat dan bahan tersebut antara lain kertas karton, spidol, penggaris, pensil, penghapus, dan gunting. Cara mainnya juga sangat mudah. pertama bagikan 4-5 kartu ke setiap pemain. kemudian satu kartu dibuka dan setiap pemain harus meletakkan kartu yang jumlahnya tertera pada kartu yang dibuka. jika tidak memiliki kartu dengan jumlah yang sama maka wajib mengambil kartu yang ditumpuk sampai menemukan jumlah yang sama. Nah lakukan sampai kartu habis dan yang habis duluan lah pemenangnya. Tentunya sangat menyenangkan bukan?

  1. Mengajar Menggunakan Permainan Ular Tangga

Siapa sih yang belum pernah memainkan permainan ular tangga? Pastinya hampir semua anak pernah memainkannya ya sobat. Permainan ini sangat mudah dan dapat dilakukan secara kelompok. Kita dapat menerapkan metode ini pada materi hitungan maupun hafalan seperti materi sistem pencernaan, sistem pernafasan, hukum Pascal, Hukum Newton, dan masih banyak lagi. Penerapannya pun sangat mudah. Kita sediakan alat dan bahan seperti kertas, spidol, penggaris, dadu, pion, Spidol. Aturan mainnya seperti saat kita main ular tangga biasa hanya saja yang membedakan saat pion mengenai ekor ular pion tidak bergeser turun melainkan mendapatkan kartu challenge. Nah kartu tersebut kita bisa variasikan soal-soal yang ingin kita ajarkan. Sangat mudah kan sobat.

  1. Mengajar menggunakan permainan monopoli

Permainan monopoli tentunya tidak asing dikalangan kita ya sobat. Permainan ini sangat mudah dan dapat diterapkan diberbagai materi. cara memainkannya pun juga tidak sulit yakni kita hanya melempar dadu dan memainkan pion sesuai dengan jumlah dadu yang dilempar. Kemudian materi tersebut kita bisa terapkan pada “Dana Umum” dan “Kesempatan ya sobat. Kita bisa selipkan beberapa soal di kartu tersebut. Misalnya kita dapat menuliskan kartu seperti ini “Apa perbedaan konveksi dan konduksi dan berikan contohnya!. Nah sangat seru kan sobat!

  1. Mengajar Menggunakan Animasi Phet Interactive Simulation

Tips selanjutnya adalah mengajar dengan menggunakan animasi Phet Interactive Simulation. Dengan animasi ini kita dapat memahami materi-materi yang sulit untuk dimengerti misalnya arah medan magnet, konsep gaya gesek, konsep tekanan yang tidak dapat dilihat dengan mata. Melalui aplikasi ini kita dapat mengeksplore pengetahuan dan menjadi lebih paham. Materi-materi yang bersifat abstrak pun akan mudah dimengerti dengan bantuan aplikasi ini. Untuk mengakses animasi ini yang kalian butuhkan hanya laptop atau PC dan jaringan internet. Sangat mudah dan nggak ribet kan?

Sekian dulu pembahasan dari saya selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *