Tekanan dan Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. Tekanan (P)

Tahukah kamu kenapa saat kita berjalan memakai high heels kaki lebih cepat merasa pegal dibandingkan saat memakai flat shoes? dan kenapa kita lebih nyaman saat posisi tubuh rebahan daripada duduk atau berdiri?

Nah untuk mengetahui jawabannya yuk kita bahas materi tentang Tekanan. apa yang dimaksud dengan tekanan?

Tekanan merupakan Gaya yang bekerja pada luasan bidang tertentu. Ketika kita mengangkat beban 100 N akan terasa lebih berat jika dibandingkan saat kita mengangkat beban 20 N. Hal tersebut membuktikan bahwa semakin besar Gaya (F) yang bekerja pada suatu luasan, maka semakin besar tekanannya (P) Secara matematis dapat dituliskan P = F.

Pernahkah kalian menusukkan pensil yang ujungnya runcing ke tangan? Tentunya akan terasa lebih sakit dibandingkan pensil yang ujungnya tumpul bukan? Hal tersebut dikarenakan ujung pensil yang runcing luas penampangnya lebih kecil dibandingkan dengan luas penampang pensil yang ujungnya tumpul. rasa sakit saat menusukkan pensil tersebut dapat dianalogikan sebagai Tekanan. Nah, dapat kita simpulkan bahwa semakin kecil luas penampang semakin besar tekanannya. Secara matematis dapat dituliskan P= 1/A

Dari pembahasan diatas dapat kita tuliskan Persamaan Tekanan sebagai berikut.

Keterangan:

  • P = Tekanan (Pa)
  • F= Gaya (N)
  • A= Luas Penampang (m^2)

Nah, sudah paham kan sobat? yuk kita jawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.

  1. Kenapa saat kita berjalan memakai high heels kaki lebih mudah merasa pegal daripada memakai flat shoes?
  2. Kenapa kita lebih nyaman saat posisi tubuh rebahan daripada duduk atau berdiri?

Pembahasan:

  1. high heel memiliki luas penampang yang lebih kecil daripada flat shoes. Luas penampang berbanding terbalik dengan tekanan. sehingga saat memakai high heel tekanannya besar dibandingkan saat memakai flat shoes. itulah yang menyebabkan kaki cepat lelah.
  2. Saat posisi rebahan luas penampang yang mengenai alas tempat tidur lebih luas dibandingkan saat kita duduk atau berdiri. luas penampang berbanding terbalik dengan tekanan. maka dari itu tekanan saat rebahan lebih kecil daripada saat duduk atau berdiri. Jadi saat rebahan akan lebih nyaman daripada duduk atau berdiri.
  1. Tekanan Hidrostatis (Ph)

Apa yang dimaksud dengan Tekanan Hidrostatis? Tekanan Hidrostatis adalah tekanan dalam zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair itu sendiri. Contohnya adalah tekanan darah. berikut ini merupakan persamaan tekanan hidrostatis.

  • Ph = Tekanan Hidrostatis (Pa)
  • p = massa jenis (kg/m^3)
  • g = percepatan gravitasi (m/s^2)
  • h = kedalaman (m)

Dari persamaan diatas kita dapat mengetahui tekanan pada kedalaman laut, tekanan pada zat cair yang berbeda. Hubungannya dapat kita peroleh sebagai berikut:

  • semakin besar massa jenis suatu zat cair maka semakin besar tekanannya
  • semakin besar percepatan gravitasi maka semakin besar tekanannya
  • semakin dalam kedalaman suatu zat cair maka semakin besar tekanannya,

Nah sampai disini sudah cukup jelas ya sobat. kalau ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *