Latihan Soal dan Pembahasan Tentang Theorema Pythagoras

Theorema Pythagoras menyatakan bahwa kuadrat sisi miring dari segitiga siku-siku merupakan jumlah kuadrat dari kedua sisi yang lainnya. secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut:

Dengan c merupakan panjang sisi miring, a dan b merupakan panjang sisi tegak. untuk dapat memahami lebih lanjut tentang Theorema Pythagoras kita dapat mendalami melalui latihan soal berikut:

  1. Sebuah segitiga memiliki panjang sisi tegak 24 cm dan 7 cm. Hitunglah panjang sisi miring segitiga tersebut!

Pembahasan:

Sebelum menghitung, kita dapat membuat sketsa soal seperti pada gambar di atas. Soal dapat diselesaikan dengan persamaan Theorema Pythagoras dengan c adalah sisi miring.

  1. Hitunglah panjang AC!

Pembahasan:

untuk mencari panjang AC kita dapat menggunakan persamaan theorema pythagoras karena panjang AC adalah diagonal pada persegi panjang ABCD. AD=BC= 3cm dan CD = 4cm

  1. Tujuan dipasangkan kawat bubut pada suatu tiang telepon adalah untuk menompangnya. kawat bubut dipasang pada tiang telepon setinggi 8 meter dari tanah.

a. jelaskan cara yang kalian lakukan untuk menentukan panjang kawat bubut tanpa mengukur langsung kawat tersebut!

b. Tentukan panjang kawat jika jarak antara kawat dan tiang pada tanah adalah 6 meter!

Pembahasan:

a. panjang kawat bubut dapat dihitung dengan persamaan theorema phytagoras. Panjang kawat bubut adalah sisi miring, tinggi kawat bubut dari tanah dan jarak pemasangan kawat bubut adalah sisi tegak.

b.

  1. Tentukan nilai a pada gambar berikut!

Pembahasan:

a = 2

  1. Sebuah tangga panjangnya 6,5 m disandarkan pada tembok. Jika jarak ujung bawah tangga dengan tembok 3,3 m, tinggi ujung atas tangga dari lantai adalah . . .

Pembahasan:

  • Panjang tangga adalah sisi miring yaitu 6,5 m
  • jarak antara ujung bawah tangga dengan tembok adalah 3,3 m,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *